Monday, February 21, 2011

OTAK SUMBER KEHIDUPAN

oleh: Andree/915080041

Kita dapat hidup dan melakukan berbagai aktivitas sehari – hari karena indera kita, yaitu pengelihatan, pendengaran, peraba, penciuman, dan pengecap. Tetapi tahukah anda yang menjadi pusat dari semua indera kita? Jawabannya adalah otak. Seandainya otak kita tidak bekerja maka hidup kita tidak berarti lagi karena kita tidak dapat melakukan apapun tanpa perintah otak, otak adalah organ yang paling vital dalam kehidupan manusia.



Otak manusia bekerja berdasarkan apa yang diterima oleh indera kita. Informasi yang ditangkap indrera dikirim ke otak melalui sinyal – sinyal listrik melalui jaringan saraf. Segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia adalah memlalui perintah otak. 


Otak dibagi kedalam 2 bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri memerintahkan otot – otot tubuh bagian kanan dan biasanya orang yang otak kirinya lebih kuat adalah orang yang lebih menggunakan rasional dalam berpikir.  Sebaliknya otak kanan memerintahkan otot –  otot tubuh bagan kiri dan orang yang penggunaaan otak kanannya lebih kuat adalah orang yang menggunakan perasaan dalam berpikir. Otak kiri dan otak kanan terhubung melalui 250 juta sel saraf bahkan jaringan sel di otak mencapai 1triliyun sel saraf. Otak kiri bekerja untuk mengatur kemampuan dalam penalaran, bahasa, tulisan, logika dan berhitung. Caranya dengan mempelajari bahasa baru atau melakukan permainan puzzles. Fungsi otak kanan adalah untuk menangani proses berpikir kreatif manusia Otak kanan biasa diidentikkan tentang kreatifitas, khayalan, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Untuk menjaga ketajaman otak kanan Anda berlatihlah bermain alat musik, bernyanyi atau membuat kerajinan tangan.



Ada penelitian di Jepang menyebutkan bahwa rata – rata orang di jepang hanya menggunakan 10 persen dari kapasitas otaknya selama hidup. Ada juga yang menyebukan bahwa seorang Albert Einstein baru menggunakan kapasitas otaknya sebanyak 13 -15 persen. Bayangkan jika kita sebagai manusia dapat memaksimalkan seluruh kapasitas otak kita? Sungguh luar biasa otak manusia, otak merupakan anugerah yang aling berharga.

= 13-15%


Kuadran otak manusia dibagi menjadi 4, yaitu A, B, C, D.
 A=Rasional, B= Safekeeping, C= Feeling, D=Experimental
Bagaimana kita dapat mengetahui, kita masuk kuadran yang mana ini dapat diketaahui melalui tes.


Termasuk yang manakah anda? 




4 comments:

  1. masa sih einstein cuma pake 13-15% doang? ><"
    kalo gitu gw setengahnya aja gak ada kali.. hehe

    ReplyDelete
  2. lu gak masukin hasil tes pas di kelas?

    ReplyDelete
  3. stujuu ma lai2.. g baru mau nanya itu,, klo einstein cm pake 13-15% doank,, gimana dengan nasib g yaa?? :/ :(

    ReplyDelete
  4. @lia: menurut penelitian sih begitulah adanya

    @Ria:masukin tuh g masuk kgolongan C

    @Vivi: nasib anda? sepertinya hanya seperempat einstein. tp ada sisi bagusnya otak anda masih FRESHHHH..hahaha

    ReplyDelete