Tuesday, March 22, 2011

Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Konsumen

Iklan adalah salah satu bentuk pemasaran yang tertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk bertidak seperti apa isi pesan dari iklan. Sering dikatakan juga bahwa iklan mencuci otak manusia dan berbuat sesuai iklan. Suatu iklan yang berhasil harus memberikan dampak seperti peningkatan penjualan, maka iklan dibuat semenarik, sebaik, sekreatif mungkin untuk menarik konsumen. Iklan sendiri secara tidak langsung memberikan dampak perilaku konsumtif pada masyarakat. Ada pula daya tarik konsumen meliputi: Emotional appeal, Rational, Sexual appeal, Humorous appeal, Fear appeal. Daya tarik ini cenderung mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk.

Dewasa ini banyak muncul biro – biro iklan yang bersaing untuk mendapatkan klien perusahaan – perusahaan besar, ini dikarenakan industri iklan  punya prospek yang bagus, dan banyak uang yang dikeluarkan untuk beriklan.

Iklan yang baik harus memenuhi Prinsip AIDA, yaitu:

Attention (perhatian)
Iklan harus mendapatkan perhatian dari konsumen, karena kesan pertama pada iklan menentukan keberhasilan iklan tersebut agar iklan tersebut dilihat oleh konsumen.

Interest (ketertarikan)
Iklan harus menimbulkan ketertarikan konsumen, agar terus memperhatikan iklan tersebut dan mengingatnya.

Desire
Iklan yang baik harus membuat konsumennya mempunyai keinginan terhadap apa yang disampaikan oleh iklan, contohnya konsumen ingin membeli produk yang diiklankan.

Action
Iklan harus menimbulkan tindakan dari konsumen, seperti membeli barang yang diiklankan.



Sebagai contoh iklan Es Cream Magnum, iklan ini dapat dikatakan berhasil karena iklan ini memenuhi AIDA, dimana konsumen melihat iklan tersebut, lalu tertarik, dan ingin makan Es Cream Magnum, dan akhirnya membelinya. Keberhasilan iklan ini dapat di lihat dari perilaku konsumen dan tingkat penjualan es cream Magnumyang meningkan, masyarakat sangat antusias kepada Magnum.


iklan Magnum



Courtesy: Youtube

4 comments:

  1. Satu hal yang saya acungkan jempol untuk magnum. Marketingnya sangat hebat, dan saya setuju sekali dengan AIDA yang kamu bahas di atas..

    ReplyDelete
  2. mau tanya donk buku apa ya yg menyatakan AIDA sebagai prinsip..makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow.. Ada yg baca.. Saya jg sudah lupa buku apa..

      Delete