Tuesday, April 26, 2011

POLITIK SEBAGAI PELUANG BISNIS

OLEH : Andree/915080041


Pasti kita sering mendengar kata “politik”. Tapi apakah kita mengerti apa arti politik itu sendiri? Menurut berbagai sumber politik adalah politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.  Tetapi menurut saya politik adalah suatu ilmu atau seni tentang kekuasaan. Mengapa saya menyebutnya seni? Karena dalam pengamatan saya politik selalu mengenai kekuasaan dan untuk mendapatkan kekuasaan itu semua pihak yang terlibat melalukan berbagai cara atau strategi untuk bisa mendapatkan kekuasaan. Perang strategi saling dilancarkan untuk mendapat simpati dari khalayak.

Berikut adalah strategi pemasaran politik yang baik:
- Menciptakan kreativitas pesan
- Pesan yang sederhana
- Gagasan yang berbeda
- Pesan efektif dan efisien
- Melayani dengan hati
- Mendengarkan tuntutan kontituen
- Membangun hubungan

Strategi pemasaran di atas tidak lepas dari iklan politik dan peran dari PR. Iklan politik sangatlah penting dalam memasarkan “politik” kepada publik agar publik dapat mengenal dan tahu apa yang disampaikan. Tingkat iklan politik di Idonesia sangatlah tinggi terutama pada waktu pemilu. Media televisi adalah media yang paling banyak digunakan mencapai 54%, partai politik tidak segan – segan mengeluarkan dana yang besar untuk iklan politik mereka. Dari iklan politik citra – citra suatu partai atau orang yang berkampanye disampaikan. Selain melalui iklan politik, peran seorang PR sangatlah penting dalam pemasaran politik, apa yang dilakukan kandidat yang berkampanye contohnya adalah SBY sudah diatur oleh PR-nya, yaitu Rizal Mallarangeng. Mulai dari pidato, sampai hal – hal kecil yang dapat membuat citra SBY baik semua diatur oleh PR.






Maka politik adalah bisnis yang sangat potensial untuk periklanan dan konsultan PR. apakah anda tertarik masuk ke dunia ini? tergantung anda menyikapinya..

No comments:

Post a Comment